5 Kesalahan SEO Yang Harus Anda Hindari

Oleh ,  16 Februari 2018  0 Comments

5 Kesalahan SEO Yang Harus Anda Hindari
Facebook Google Twitter

MASJUNI.NET – 5 Kesalahan SEO Yang Wajib Anda Hindari.

Halo sobat blogger, kali ini saya akan membahas tentang Search Engine Optimization (SEO) yakni kesalahan yang sering dilakukan dalam optimasi seo oleh para blogger pemula.

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu hal yang paling penting dalam dunia blogging maupun internet marketing.

Penerapan SEO yang tepat sangat berpengaruh terhadap visibilitas dan ranking blog anda pada mesin pencari seperti Google dan lainnya.

Seorang blogger pemula biasanya sangat antusias dalam menerapkan SEO pada situs web/blog miliknya agar mendapatkan ranking yang bagus pada mesin pencari tanpa mempertimbangkan penerapan yang baik dan dampak-dampaknya.

Seorang blogger pemula biasanya sangat rawan dengan kesalahan dalam menerapkan SEO pada situs web/blog miliknya.

Hal itu dapat berdampak buruk pada situs web/blog anda bukanya mendapat ranking yang bagus, bahkan bisa berdampak masuk daftar blacklist pada mesin pencari.

Berikut 5 Kesalahan SEO yang wajib anda hindari:

1. Membangun Backlink Tidak Natural

Backlink merupakan satu hal dimana link situs ataupun artikel pada blog anda disematkan oleh orang lain pada situs web/blog miliknya, semakin berkualitas konten yang anda miliki maka semakin besar pula kemungkinan mendapat backlink dari situs lain.

Backlink yang baik datang dari situs atau artikel yang memiliki kesamaan topik atau pembahasan.

Semakin banyak anda mendapat backlink, maka mesin pencari seperti Google akan menilai bahwa situs anda adalah situs yang baik dan kemungkinan anda mendapatkan ranking yang bagus pun semakin tinggi.

Sayangnya pemahaman tentang backlink sering disalah artikan oleh blogger pemula.

Terkadang mereka mencoba membangun backlink dengan cara-cara yang tidak baik seperti spam komentar dengan menyematkan link blog/artikel dan saling bertukar link.

Google sudah sangat jelas menegaskan bahwa membangun backlink yang tidak natural dapat berdampak sangat buruk bagi situs web/blog anda, bahkan bisa berdampak dihapus dari mesin pencari.

Hal ini sudah banyak di diskusikan pada forum produk Google.

2. Menggunakan Keyword Tersembunyi

Keyword merupakan salah satu faktor utama bagaimana mesin pencari seperti Google akan menampilkan situs anda pada pencarian yang relevan.

Penggunaan keyword yang baik juga akan sangat berdampak pada visibilitas situs web/blog anda pada meisn pencari.

Namun banyak orang yang melakukan optimasi pada keyword dengan melakukan hal-hal yang sangat tidak disukai oleh mesin pencari seperti Google slah satunya yani hidden keyword/kata kunci tersembunyi.

Teknik tersebut biasanya disebut Black Hat SEO.

Penggunaan keyword tersembunyi biasanya dilakukan dengan menambahkan text yang tidak terlihat oleh user, seperti text berwarna putih pada latar berwarna putih dan ukuran text yang sangat kecil yakni 1px.

Biasanya tujuannya ialah untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari pada pencarian lokal.

Penggunaan kata kunci tersembunyi dapat berdampak sangat buruk pada situs web/blog anda.

Google dapat menanadi situs anda sebagai web spam dan bahkan di hapus dari mesin pencari.

3. Menggunakan Keyword Secara Berlebihan

Kalau teknik yang diatas ialah menggunakan keyword tersembunyi, teknik seo yang satu ini ialah menggunakan keyword yang terlihat namun berlebihan. Artinya anda menggunakan target keyword pada artikel anda secara berlebihan.

Dalam menulis sebuah artikel, memang sudah seharusnya kita menempatkan keyword pada isi artikel yang kita tulis.

Keyword/kata kunci yang disematkan terkadang terlalu berlebihan, terlalu sering diulang-ulang. Hal ini juga mempunyai dampak negatif pada artikel kita.

Umumnya rentang kepadatan kata kunci (keyword density) yang disematkan pada artikel yang dianggap baik ialah antara 5% – 10% dari total keseluruhan konten.

Menyematkan kata kunci yang terlalu berlebihan juga dapat dianggap sebagai artikel spam oleh mesin pencari.

4. Modif Artikel Dengan Alat Spinning

Banyak blogger yang mencari artikel-artikel yang sudah ada dan populer dengan kualitas bagus di internet untuk dijadikan sebagai konten pad situs web/blog miliknya.

Penulisan ulang artikel yang sudah populer atau meniru memang tidak ada masalah sama sekali, namun yang jadi permasalahan ialah disaat anda mengcopy artikel orang lalu merubah prase kalimatnya dengan menggunakan alat seperti spining article yang banyak beredar di internet.

Alat tersebut biasanya bekerja dengan membolak balikkan kata dan mencari sinonim kata untuk membuat artikel tersebut menjadi unik dan seolah-olah baru.

Jika anda melihat lebih jeli, artikel hasil dar alat article spinning tersebut tidak tertata dengan baik penggunaan kata-katanya.

Percayalah hal ini tidak baik jika anda ingin membangun situs web/blog yang kredibel. Jika anda ingin meulis ulang artikel orang lain, tulislah secara manual dan modifikasi dengan cara anda dan kata-kata pilihan anda sendiri.

5. On-Page SEO Buruk

Membuat sebuah artikel blog sama dengan mengerjakan ujian di sekolah. Pastikan untuk selalu meninjau setiap artikel sebelum menerbitkannya dan lakukan analisis untuk untuk melihat aturan-aturan On-Page SEO yang baik pada artikel anda.

Berikut beberapa kesalahan umum On-Page SEO:

  1. Tidak menggunakan judul dan meta deskripsi yang tepat dan sesuai target keyword.
  2. Tidak menyusun konten menggunakan heading dan sub heading yang tepat.
  3. Pengunaan tata bahasa dan ejaan dengan bacaan yang buruk.
  4. Tidak ada satupun gambar sebagai pemanis.

Semua mesin pencari menampilkan judul, meta description dan URL pada halaman hasil pencarian.

Dalam kasus tertentu, URL akan diganti dengan struktur breadcrumb yang digunakan pada halaman.

Dengan menggunakan judul duplikat atau non-deskriptif dan deskripsi meta yang kurang tepat dan menarik akan menghasilkan peringkat yang rendah dan juga tingkat ctr yang rendah.

Selalu ingat bahwa dalam menulis artikel, tulislah dengan struktur dan tata bahasa yang baik, tujuannya tidak lain ialah untuk memanjakan pembaca artikel anda.

Gunakan heading dan sub heading dan jarak antar kalimat agar terlihat rapi.

Itulah beberapa kesalahan SEO yang umum dilakukan oleh para blogger pemula.

Semoga bermanfaat. 😉

Post Comments