Perbedaan AdSense Hosted dan Non Hosted

Oleh ,  29 Juli 2018  0 Comments

Perbedaan AdSense Hosted dan Non Hosted
Facebook Google Twitter

Pembahasan mengenai perbedaan adsense hosted dan non hosted secara lengkap dan bagaimana cara membedakannya.

Halooo, kali ini kita akan membahas perbedaan antara akun adsense hosted dengan non hosted, apa saja perbedaanya dan bagaimana cara mengidentifikasi jenis akun adsense anda.

Untuk anda yang bergelut di bidang blog, youtube ataupun aplikasi android tentu tidak asing lagi dengan yang namanya adsense.

AdSense merupakan sebuah program dari Google dimana Google mengajak para blogger youtuber maupun para developer aplikasi android sebagai publisher iklan mereka.

Namun tahukah anda bahwa akun AdSense itu ada dua jenis yakni adsense hosted dan non-hosted.

Well, apa saja perbedaan kedua jenis akun adsense tersebut? mari kita bahasa sama-sama.

Akun AdSense Hosted

Akun adsense hosted merupakan jenis akun adsense yang unit iklannya hanya dapat digunakan pada tempat tertentu yang sudah ditentuka oleh Google.

Jenis akun hosted ada tiga yakni akun adsense hosted YouTube, akun adsense hosted Blogger dan akun adsense hosted AdMob.

Akun adsense hosted YouTube merupakan akun adsense yang unit iklannya hanya dapat digunakan atau ditampilkan pada situs/aplikasi youtube saja.

Akun adsense hosted blogger merupakan jenis akun adsense yang unit iklannya hanya dapat digunakan pada situs blogger / blogspot saja.

Sedangkan akun adsense hosted admob merupakan jenis akun adsense yang unit iklannya hanya dapat digunakan/ditampilkan pada aplikasi android saja.

Akun adsense hosted bisa anda dapatkan dengan mendaftar melalui aplikasi webnya masing-masing seperti adsense hosted youtube maka anda harus mendaftar langsung melalui YouTube, begitu juga dengan admob dan Blogger.

Akun AdSense Non-Hosted

Akun adsense no-hosted merupakan jenis akun adsense yang unit iklannya bisa anda gunakan dimana saja, baik digunakan di YouTube, Blogger, Top Level Domain (TLD) maupun iklan aplikasi android (admob).

Cara mendaftar akun adsense non-hosted ini pun berbeda dengan akun adsense hosted, dimana untuk mendapatkan akun adsense non-hosted, anda harus mempunyai situs dengan custom domain / top level domain terlebih dahulu.

Kemudian situs anda yang menggunakan top level domain itulah yang harus didaftarkan saat pengajuan permohonan akun adsense.

Untuk mendapatkan adsense non-hosted ini pun lebih sulit daripada akun adsense hosted karena proses review oleh tim google akan memakan waktu yang lebih lama san syarat yang lebih banyak.

Cara Mengetahui AdSense Hosted Atau Non-Hosted

Jika anda mempunyai akun adsense namun anda bingung apakah akun adsense anda tersebut adalah akun yang hosted atau no-hosted, berikut cara mengetahuinya.

Login ke akun adsense anda melalui link google.com/adsense

Setelah masuk ke dashboard akun adsense anda, silahkan klik gambar profil di bagian pojok kanan atas dan anda akan melihat seperti gambar dibawah ini.

perbedaan adsense hosted dan non hostedUntuk akun adsense hosted anda akan melihat tulisan berwarna merah bertuliskan Hosted Account seperti pada gambar diatas, namun jika tulisan tersebut tidak ada berarti akun anda non-hosted.

Namun, apabila anda mendaftar adsense melalui admob, kemungkinan anda tidak akan melihat tulisan berwarna merah tersebut walaupun akun adsense anda hosted admob.

Untuk lebih jelas lagi mengetahui akun adsense anda hosted atau non-hosted, silahkan klik sidebar menu sebelah kiri Settings -> Account -> Account Information.

Maka anda dapat melihat lebih detail jenis akun adsense anda seperti pada gambar dibawah ini.

perbedaan adsense hosted dan non hosted

Jika anda melihat sperti gambar diatas ada tulisan Content 68% itu menandakan akun adsense anda non-hosted.

Jika tidak ada tulisan seperti itu, maka akun adsense anda hosted.

Itulah cara membedakan akun adsense hosted dan non hosted.

Semoga bermanfaat. 🙂

Post Comments